BNPT: Penanggulangan Terorisme Butuh Sinergisitas Semua Pihak

Brigjen Pol Drs Herwan Chaidir saat menjadi keynote speaker./ss
Brigjen Pol Drs Herwan Chaidir saat menjadi keynote speaker./ss

SINGKAWANG, POSTKOTAPONTIANAK.COM-Terorisme bukan merupakan siapa pelaku, kelompok dan jaringan melainkan lebih pada dampak yang diakibatkan. “Dampak yang ditimbulkan sangat luar biasa atau extra ordinary crime,” ujar Brigjen Pol Drs Herwan Chaidir Direktur Perlindungan BNPT  saat didaulat menjadi keynote speach pada Dialog Tokoh Agama dan Pendidikan Lintas Kabupaten/Kota wilayah utara Kalimantan Barat yang dilaksanakan oleh FKPT di Dangau Ressort Singkawang, Senin (21/9/2015).

Melihat dampak yang ditimbulkan maka penanggulangan terorisme membutuhkan sinergisitas semua pihak. “Peran tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat sangat strategis. Disinilah perlu peningkatan peran para tokoh dan ulama,” jelasnya.

Peserta dialog yang mengikuti secara tertib pada setiap session./ss
Peserta dialog yang mengikuti secara tertib pada setiap session./ss

Jika para ulama dan tokoh agama memberikan pemahaman terhadap warga tentang pentingnya pencegahan radikalisme dan bahaya terorisme maka     ancaman tindak pidana teroris akan diantisipasi sejak dini.

“Jadi kita berdiskusi pada hari ini tidak akan memberikan arti apa-apa, apabila kita bersikap apatis dalam menyikapi persoalan berkembangnya terorisme,” tegas Herwan yang juga pernah tugas di wilayah Polda Kalbar ini.

Dalam proses mendukung aktivitasnya, saat ini teroris menurut pria kelahiran Palembang ini adalah memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. “Kemajuan teknologi informasi mereka manfaatkan untuk propaganda, pengumpulan informasi, komunikasi internal, pendanaan, pelatihan dan perekrutan,” bebernya.

Selain dari BNPT hadir dalam dialog ini juga menghadirkan narasumber Dr Aria Jalil Mantan Atase Pendidikan Dubes RI untuk Australia, Dr Wajidi Sayadi, Dr Ir Kristianus MSi, Dr Elias T Moning BA./ss/PKP

red-PKP

 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *