BMKG Stasiun Klimatologi Mempawah Laksanakan SLI Untuk Penyuluh Pertanian

PONTIANAK ~ Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menggelar Sekolah Lapang Iklim tingkat Provinsi Kalimantan Barat dengan sasaran penyuluh pertanian dari beberapa kabupaten.

“Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Mempwah Wandayan Tolis, disela-sela pembukaan SLI di Hotel Neo Pontianak (10/04/2018) mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman penyuluh petani membaca informasi iklim sehingga dapat mendorong sektor pertanian dalam rangka peningkatan hasil produksi.

Jika berbicara mengenai iklim tentu erat kaitanya dengan BMKG, jika para penyuluh pertanian kurang memahami informasi iklim khawatirkan dapat berakibat gagal mengantisipasi kekeringan dan banjir.

Karena tidak tau kapan mulai menanam, apakah daerah termasuk rawan banjir dan kekeringan,” katanya,karnanya kami Berikan penyuluhan ini terkait perubahan iklim di setiap bulannya.

Untuk kalbar SLI di mulai tahun 2012 dan sekarang sudah berjalan di tahun ke enam, Tercatat sekitar 250 orang sudah di latih dan harapanya dari setiap orang yang di latih dapat meneruskan informasi yang kami berikan kepada petani.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalbar Heronimus Hero saat menghadiri pembukaan SLI. Hero menyebut kegiatan ini dinilai sangat penting karena hasil produksi sektor pertanian tergantung dari kondisi iklim yang ada,jika petugas penyuluh sudah memahami kondisi iklim di lapangan maka produksi hasil pertanian bisa di kawal dengan baik sehingga hasilnya dapat maksimal.

Saat ini analisis dampak kerugian terhadap perubahan iklim masih dirasakan kurang,namun dampak nya sangat luas, sebagai contoh jika saat musim banjir atau musim kering terjadi dalam waktu yang cukup lama secara otomatis berdampak terhadap produktifitas hasil pertanian, dengan adanya kegiatan SLI di harapkan dapat memberikan informasi iklim yang cepat dan tepat, sehingga penyuluh dan petani dapat bisa memahami kondisi alam.(rls/taher).

Publish : abe u.subari/postkotapontianak.com

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *