BJB Lakukan E-Samsat, WP Bayar Kendaraan Bermotor

POSTKOTAPONTIANAK.COM — DEPOK ! Kepala Seksi Pendataan dan Penetapan Cabang Dispenda Provinsi Jawa Barat, Wilayah Kota Depok 1, Edi Aries Adilat membenarkan, bahwa untuk masyarakat Kota Depok, Bank BJB sudah bisa melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui ATM. Itu di namakan E-Samsat.

“Artinya ini semakin gampang bayar pajak kendaraan bermotor dan pengesahan STNK tahunan. Jadi masyarakat tidak perlu repot-repot ke Samsat jika pajaknya sudah dekat masa jatuh tempo,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (14/4/2016), dikantornya.

Dia menjelaskan, ketika saat transaksi via ATM, maka struk transaksi bisa dijadikan bukti pembayaran pajak. Jadi kalau terkena razia kendaraan bermotor, masyarakat cukup menunjukan struk tersebut sebagai bukti pembayaran pajak tahunan.

“Sebab pihaknya sudah melakukan MoU dengan pihak kepolisian, artinya pihak polisipun sudah memahami bahwa struk tersebut bisa menjadi bukti pembayaran pajak tahunan,” jelas Edi.

Edi juga mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari kemungkinan struk tersebut pudar, untuk itu harus disahkan terlebih dahulu ke Samsat untuk distempel Polri. Agar masyarakat wajib pajak hanya tinggal menunjukan struk ATM tersebut dan juga STNK asli, untuk mendapatkan STNK baru.

“Prosedur ini dilakukan guna prosesnya akan lebih cepat dan mudah, bahkan tidak perlu mengantri seperti membayar pajak yang biasanya dilakukan wajib pajak,” imbuhnya.

Edi menambahkan, bahwa membayar pajak kendaraan bermotor untuk sementara via E-Samsat baru bisa dilakukan melalui ATM BJB.

“Artinya, untuk saat ini baru BJB lah yang melakukannya, namun kami sedang menjajaki bank lain untuk turut berpartisipasi membatu pelayanan wajib pajak,” ujarnya./Novli/Gilang

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *