Bingung Memilih Aki Mobil ? Lakukan Cara Memilih Aki Mobil Yang Berkualitas Berikut Ini

lindungi mobil anda dengan aki berkualitas./ Ist
Lindungi mobil anda dengan aki berkualitas./ Ist

FUNGSI dari aki mobil adalah untuk menampung daya listrik dan menyuplainya ke komponen-komponen lainnya yang bersifat elektrikal. Aki juga memiliki kesamaan dengan komponen mobil lainnya, yaitu memiliki jangka waktu pemakaian. Apabila aki sudah melewati dari usia pakai maka mobil tidak bisa berjalan normal lagi, artinya aki mobil ini harus segera diganti dengan yang baru tentunya. Sebenarnya untuk membeli aki ini mudah, namun jika belum berpengalaman tentu saja akan merasakan kebingungan. Untuk itu Anda tidak perlu khawatir, karena informasi yang satu ini akan membahas mengenai cara memilih aki mobil yang agar kamu tidak salah pilih dan tidak tertipu.

Dampak yang timbul akibat dari aki yang rusak adalah terjadinya masalah pada kelistrikan mobil. Mobil Anda akan susah untuk distarter dan juga timbul masalah kelistrikan yang lainnya. Di dalam mobil, terdapat komponen listrik yang banyak, seperti klakson, lampu, HID, video, audio, central lock, power window dan masih banyak lagi lainnya. Semua komponen tersebut tentunya akan terganggu jika aki mobilnya mengalami kerusakan. Suplay listrik yang kurang atau tidak stabil akan menimbulkan kerusakan pada komponen-komponen tersebut dan juga dapat merambat ke komponen yang lainnya. Untuk itu Anda harus segera mengganti aki agar kerusakan tidak menjalar kemana-mana.

Nah, untuk membeli aki, sebaiknya perhatikan cara atau tips memilih aki mobil berikut ini agar tidak salah pilih dan terhindar dari penipuan.

Pilihlah aki mobil yang baru jangan yang rekondisi agar tahan lama

Aki rekondisi atau biasa disebut sebagai aki bekas merupakan aki yang sudah ditukar tambah dengan aki yang baru. Terkadang penjual melakukan penipuan atau kecurangan yaitu menjual aki rekondisi ini dengan harga yang sama  dengan aki yang baru. Memang tidak semua penjual melakukan penipuan tersebut, namun sebisa mungkin Anda harus mengantisipasinya agar tidak kena tipu. Agar terhindar dari hal tersebut, pilihlah bengkel atau suku cadang yang terpercaya.

Tentukan pilihan aki basah atau aki kering

Aki mobil terdiri dari dua jenis yaitu aki kering dan aki basah. Pada intinya harga aki kering mobil  memang lebih mahal daripada aki basah mobil. Selain itu aki kering juga memiliki kekuatan dan performa yang lebih bagus jika dibandingkan dengan aki basah. Kekurangan dari aki kering adalah tidak tahan akan panas. Yang harus menjadi pertimbangan Anda adalah pilihlah aki yang sedikit mahal tidak masalah, karena akan lebih awet jika digunakan.

Cek kapasitas aki

Selain memperhatikan harga aki kering mobil, Anda juga perlu memperhatikan kapasitas dari aki. Setiap aki kering dan juga basah tentunya memiliki kapasitasnya serta ukuran yang berbeda-beda. Yang perlu Anda cek adalah di bagian ukuran, amper, dimensi serta berapa tegangan yang dimiliki. Usahakan aki mobil yang kamu beli kapasitas dan tegangannya sama dengan ukuran standar dari mobil Anda. jika kapasitas dan tegangannya lebih tinggi dari standar mobil Anda maka akan mengakibatkan kerusakan pada komponen kelistrikan mobil.

Merek aki

Diantara banyak mere kaki yang paling baik kualitas dan keawetannya yaitu merek Yuasa dan juga GS.

Garansi aki yang jelas

Tanyakanlah pada penjual mengenai garansi dari aki yang akan Anda beli. Jadi jika terjadi kerusakan saat masa garansi, aki tersebut bisa diganti dengan yang baru.

Demikianlah informasi mengenai cara memilih aki mobil yang sebaiknya Anda lakukan agar terhindar dari penipuan./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *