Bidan Tua dari Kampung Longkam Sekadau Tanpa Tanda Jasa

Long Sam (80) Bidan Kampung yang tanpa pamrih membantu kaum hawa, kegiatan yang digeluti sekitar 50 tahun./ms
Long Sam (80) Bidan Kampung yang tanpa pamrih membantu kaum hawa, kegiatan yang digeluti sekitar 50 tahun./ms

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU-Bertepatan menjelang memperingati hari Kartini kru “post kota pontianak” mengunjungi ibu tua bindan kampung yang biasa di panggil dengan nama Long Sam (Samsiah). Ibu ini sangat banyak berjasa menolong ibu-ibu yang akan melahirkan.

Menurut Long Sam, sekitar 50 tahun mrnggeluti sebagai bidan Kampung. Banyak pegalaman dan lika-liku yang dilewati selama itu.

Diakuinya, bahwa ilmu yang Ia dapat secara turun temurun, hingga bisa membantu ibu-ibu yang akan melahirkan.

Perkerjaan ini Dia tekuni dengan ikhlas dan tawakal, sebab pekerjaan menyangkut masalah nyawa, tutur Long Sam.

Dia tidak mematok harga jika dipanggil untuk membantu ibu yang akan melahirkan. Tergantung keiklasan, berapa yang diberi diterima, paparnya.

Saat ditemui, terlihat Long Sam menikmati hari-hari tuanya. Dengan faktor usia yang cukup tua, Long Sam setidaknya telah berumur 80 Tahun tapi masih berkeinginan menolong kaum hawa, walau pun anak-anaknya melarang.

Ceritanya, dulu tidak ada bidan sekarang sudah banyak yang bersekolah hingga jadi bidan. Tapi jika bekerja tidak teliti dan ikhlas percuma semuanya Tuhan yang menentuak selamat dan tidak bayi serta ibunya.

Alhamdulillah sekitar sudah ribuan anak dan ibu yang ditangani oleh Long Sam.

Ini adalah salah satu Kartini dari Kampung Longkam Kabupaten Sekadau yang tidak ada tanda jasa,dan semoga Tuhan Yang Maha  Esa, membalas amal baik dan jasa-jasanya seperti ibu kita Kartini yang banyak berjasa./mus

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *