Bertemu Wakil Presiden, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Sampaikan Persiapan Raimuna Nasional 2017

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault - Pertemuan di Sekretariat Wapres Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat - Jumat 11 Nov 2016./ foto : dok Humas KGP
Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault – Pertemuan di Sekretariat Wapres Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat – Jumat 11 Nov 2016./ foto : dok Humas KGP

JAKARTA ! POSTKOTAPONTIANAK.COM  – Pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bertemu dengan Wakil Presiden, Jusuf Kalla di Sekretariat Wakil Presiden, Jalan Kebon Sirih No.14, Kota, Jakarta Pusat, pada Jumat 11 November 2016. Dalam pertemuan tersebut Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault menyampaikan kegiatan yang sudah dilakukan tahun 2016 dan persiapan Raimuna Nasional yang akan dilaksanakan pada Agustus 2017.

 

Kak Adhyaksa Dault menyampaikan empat fokus Gerakan Pramuka yang sudah dijalankan selama tiga tahun terakhir, yaitu rebranding, penataan organisasi, pramuka untuk perubahan dan jaringan kerja, serta kesuksesan Jambore Nasional yang dihadiri 25 ribu Pramuka dari seluruh Indonesia pada 14 – 21 Agustus lalu.

 

“Pada Agustus 2017 nanti, kami akan mengadakan Raimuna Nasional, yang akan diikuti 15 ribu anggota Pramuka usia 16-25 tahun. Walau masih jauh, kita harus persiapkan dengan serius. Kita bertekad Raimuna Nasional 2017 ini benar-benar jadi pemersatu 15 ribu generasi muda dari seluruh NKRI. Selain itu kami juga akan mengadakan Lomba Tingkat V pada Oktober 2017, dan Pertemuan Ketua Pramuka se Asia Pasific di Bali, pada April 2017,” tutur Kak Adhyaksa.

 

“Di bulan November 2016 ini, Kwarnas juga  mengadakan Lomba Foto #GurukuPahlawanku dan Lomba video #PahlawanMenurutSaya, tujuannya agar setiap anggota Pramuka aktif membuat konten positif agar internet semakin sehat. Di bulan November 2016 ini menyambut Hari Pahlawan, Kwarnas juga membuat 23 poster kutipan Pahlawan nasional dari berbagai daerah, kami juga buat infografis dengan tema Pahlawan, bisa dicek akun-akun medsos Kwarnas Gerakan Pramuka. Alhamdulillah dipertemuan di Pramuka Asia Pasific di Bangkok pada Oktober kemarin, pengelolaan web dan media sosial Kwarnas dinilai terbaik diantara organisasi kepramukaan di seluruh dunia. Fokus kita sekarang bagaimana anggota Pramuka terlibat aktif dalam membuat konten positif internet, itulah sebabnya kita banyak sekali mengadakan lomba-lomba foto, video, tulisan berbasis media sosial”, ujar Adhyaksa Dault menambahkan.

 

Mantan Menpora ini juga menyampaikan kepada  Jusuf Kalla agar anggaran Kwarnas Gerakan Pramuka bisa ditambah. “Kami menyadari situasi sedang sulit, negara sedang melakukan penghematan, kita setuju. Oleh karena itu kita mohon menghadap Wapres meminta arahan dari beliau,”ungkapnya.

 

Setelah paparan dari Adhyaksa Dault, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi berbagai kegiatan yang diadakan oleh Kwarnas Gerakan Pramuka. “Saya senang, Kwarnas Gerakan Pramuka banyak melakukan kegiatan positif yang memberikan kegembiraan kepada anak-anak kita,” ucapnya.

 

Adapun mengenai persoalan anggaran, Jusuf Kalla mengakui memang pemerintah tengah melakukan penghematan dengan memangkas anggaran di kementerian. “Terkait anggaran memang Kementerian-Kementerian dikurangi anggarannya. Untuk itu Kwarnas Gerakan Pramuka bisa mencari sponsor dari swasta, caranya libatkan anak-anak muda, biasanya mereka gesit dan lincah mencari sponsor agar kegiatannya sukses,” jelas Jusuf Kalla

 

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Pimpinan Kwarnas lainnya, yaitu Kak Rafli Effendi, Kak Susi Yuliati, Kak Fahmi Assegaf, Kak Kodrat Pramudho, Kak Abdul Shobur, dan Andalan Nasional Kwarnas Kak Sukro Muhab, Kak Indo Royano, Kak Hariqo Wibawa Satria, Kak Arie Rukmantara serta Ketua DKN, Yudha Adhyaksa.

 

Diketahui Raimuna berasal dari dari Bahasa Ambai, dari daerah Yapen Timur, Kab Yapen, Papua. Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu “Rai” dan “Muna”. “Rai” berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan “Muna” adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Jadi, Raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan.

Raimuna di tingkat Kwartir Nasional disebut Raimuna Nasional atau biasa disingkat dengan Rainas. Raimuna Nasional diadakan, setiap 4 tahun sekali. Raimuna Nasional diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing Kwartir Daerah (provinsi). Perwakilan masing-masing provinsi ini biasanya diambil dari masing-masing Kwartir Daerah (kabupaten).(KGP)/ abePKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *