Berharap Pembinaan Desa Wisata Terus Berlanjut

penutupan kegiatan pembinaan Desa wisata./ dan
Penutupan kegiatan pembinaan Desa wisata./ dan

NGABANG ! POSTKOTAPONTIANAK.COM Kades Raja Zulkarnain, Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak, belum lama mengharapkan, “ agar kegiatan Pembinaan terhadap Desa Wisata jangan hanya sampai ditahun 2016, namun berkesinambuang tanpa henti,” harapnya.

Lanjutnya, “Kami banyak terima kasih kepada Pemda Landak dalam hal ini kepada Disporaparekraf Kabupaten Landak sehingga Desa Raja mendapat program Desa Binaan Desa Wisata,” katanya.

Kades berharap, pembinaan Desa Wisata jangan putus  ditengah jalan, artinya selesai program Dinas, Desa Wisata tidak diperhatikan. “Kami mau dari pihak Dinas harus memantau apa yang sudah dibinanya, kami minta agar Desa Wisata ini bisa berkembang dikemudian hari,” harapnya.  

Kades juga menyinggung, kuliner khas kue roti kap, yang dulunya hanya 1 rasa, sekarang sudah menjadi 7 rasa. “Ini bagus dan ada perkembangan yang signipikan,” kata Kades.

Tidak hanya itu, Kades  menyampaikan tentang kerajinan anyaman, dan tudung saji/inci, namun dari kerajinan anyaman ini yang menjadi masalah adalah bahan baku yang sulit didapat.    “Kerajinan ini harus kita kembangkan agar ibu-ibu penghasilnya meningkat, termasuklah usaha pembuatan  kue roti kap dan tudung saji/inci,’” kata Kades.

Sementara iti, Kasi Parawisata  Disporaparekraf Landak Supiana mengatakan, pihaknya telah menjalankan program kegiatan Pembinaan Desa Wisata beberapa bulan yang lalu. Sementara itu binaan di Kabupaten Landak ada tiga Desa, pertama Desa Saham Kecamatan Sengah Temila, kedua Dusun Tauk Kec. Air Besar, dan ketiga Desa Raja Kec. Ngabang, Kabupaten Landak.

Dimana kegiatan selama 3 bulan pembinaan, kegiatan penataan Desa wisata, fokus di Komp. Keraton, keterampilan anyaman, dan yang terakhir pembinaan kuliner membuat 7 rasa kue roti kap.

“Kue ini sudah beberapa kali kami bawa untuk dipromosi, dan ini terus kami promosikan lewat pameran atau usaha lainnya,” kata Supiana.

Kadis Poraparekraf Landak Lukas Kanoh menyatakan banyak terima kasih atas kehadiran undangan dalam Penutupan Pembinaan Desa Wisata di Desa Raja Kecamatan Ngabang Tahun 2016.

“Tahun 2016 ada 3 Desa kita bina utuk wisata. Ini kegiatan kita jangan berhenti, terus menurus berkelanjutan hingga berhasil, dan saya sependapat dari pak Kades dan pak Camat, ” kata mantan Kadis Pendidikan Kabupaten Landak ini.

Tugas Desa Wisata, kata Lukas Kanoh, bagaimana cara kita untuk mendatangkan orang untuk berkunjung di Desa Wisata. “Disini hanya Desa Raja yang punya Keraton, demikian juga Masjid Jami. Desa punjuang juga ada seperti Desa Mungguk ada situs sejarahnya,” kata Lukas Kanoh.

Masih kata Lukas Kanoh, Untuk tahun anggaran 2016, ada 3 kegiatan utama, kegiatan penataan Desa wisata, fokus di Komp. Keraton, keterampilan anyaman, dan yang terakhir pembinaan kuliner membuat 7 rasa kue roti kap.  “Kemasannya mungkin lebih bervariasi agar pembeli bisa memilih,” saran Lukas Kanoh.

Sekretaris KONI Landak ini juga menyarakan pembuatan kemasan kue roti kap, untuk  memperhatikan label halal, BPPOM, dan  masa kadaluarsa.

Usai, memberikan kata sambutan, Lukas Kanoh, langsung memberikan waktu kepada undangan untuk memberikan masukan maupun pertanyaan-pertanyaan, terkait kemajuan Desa Wisata. 

Penutupan Pembinaan Desa Wisata di Desa Raja Kecamatan Ngabang Tahun 2016, Senin (24/10/16), di Gedung Pertemuan Desa Raja, dilakukan oleh Kepala Dinas (Disporaparekraf) Kabupaten  Landak, Lukas Kanoh. Tampak hadir Camat Ngabang Yosef diwakili Gusti Hermansyah, Kades Raja Zulkarnain, Kasi Parawisata  Disporaparekraf Landak Supiana, Jajaran Pengurus Desa Raja,  dan perwakilan setiap Dusun Keluarga Sadar Wisata.

Camat Ngabang Yosef melalui Gusti Hermansyah mengucapkan terima kasih atas program Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Ekonomi dan Kreatif di Desa Raja, khususnya pembinaan Desa Wisata. “Pesan pak Camat untuk Disporaparekraf  , supaya program-program Dinas dipersilakan masuk di Desa Raja, tidak terbatas demi memajukan Desa Wisata,” harapnya. (dan)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *