Bentuk Realisasi Program Depok Terhadap Sahabat UKM

Pemkot Melalui DKUP Depok Akan Bangun Kios
Kadis UKM dan Pasar Kota Depok, Ahmad Kafrawi (Ist)
Kadis UKM dan Pasar Kota Depok, Ahmad Kafrawi (Ist)

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! DEPOK – Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Pasar (DKUP) Kota Depok, Ahmad Kafrawi, membenarkan, bahwa Pemerintah Kota,  merencanakan akan membangun 1.000 kios yang ditujukan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) lokal. Tujuan pembangunan tersebut untuk lebih mengakrabkan para masyarakat kepada produk lokal buatan masyarakat Depok.

“Insyaalloh’ untuk tahun ini masih taraf sosialisasi, pada 2017 baru akan direalisasikan. Jadi artinya, ini semua sebagai bentuk realisasi program Depok Sahabat UKM,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (22/5/2016), di Depok.

Kafrawi menjelaskan, bahwa rencananya, kios-kios UKM ini akan dibangun di pasar-pasar milik Pemkot Depok. Mengenai jumlah kios di tiap pasarnya, maka dari itu tergantung dengan luas lahan pasar itu sendiri.

Misalnya untuk di Pasar Agung akan dibangun di lantai dua dengan bentuk sekat bisa terdapat 180 kios dengan ukuran 2×2 meter, sementara untuk Pasar Musi jumlah kios diperkirakan sekitar 150 kios, dan Pasar Tugu diperkirakan sekitar 26 kios.

“Kami lihat lahannya juga, tidak bisa diseragamkan jumlah kiosnya di tiap pasar,” jelasnya.

Menurutnya, bahwa program ini ditargetkan akan selesai selama lima tahun, yaitu pada 2021 nanti. Mekanismenya adalah penyediaan 200 kios pada tiap tahunnya.

“Jadi prosesnya bertahap, bahkan pihaknya menargetkan tiap tahun 200 kios, jadi selama lima tahun genap ada 1.000 kios,” tutur Kafrawi.

Kafrawi menerangkan, bahwa sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda ) Kota Depok Nomor 18 tentang UMKM, di mana dalam Perda tersebut disebutkan bahwa pasar modern harus menyediakan dua persen lahan bagi UMKM.

“Artinya, hal tersebut sudah tertera sesuai Perda tersebut, pasar modern juga termasuk dalam program ini, tidak hanya pasar milik Pemkot saja. Selain di pasar milik Pemkot, sejumlah pasar modern pun menjadi target untuk menyediakan kios bagi UMKM ini,” terangnya.(Faldi/Novli)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *