Beberapa Potensi Air Terjun di Kecamatan Air Besar Landak

NGABANG ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Kita Semua masih ingatkan Air Terjun Melanggar/Menaggar/Mananggar merupakan patahan Sungai Landak dengan ketinggian terjunan air sekitar 40 meter.
Ada sekitar 9 air terjun lagi di dekat kawasan (Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak)  ini yang letaknya terpencar berjauhan.

Yang lainnya adalah Air Terjun Remabo di Desa Sekendal yang merupakan patahan Sungai Dait.  Air terjun ini terdiri dari tujuh tingkat.  Untuk ke lokasi ini tak bisa sembarangan karena harus melewati jalan HPH PT Batasan.

Juga ada Air Terjun Terinting, terdiri dari tujuh tingkat dan terletak di Desa Jambu Tembawang di perbatasan Desa Jambu Tembawang-Desa Engkangin.  Air terjun ini berasal dari patahan Sungai Ensiang.  Keistimewaannya, dikelilingi gunung dengan rimba yang masih utuh. Untuk ke lokasi ini dibutuhkan waktu satu hari berjalan kaki (sekitar 40 km dari Desa Serimbu, ibu kota kecamatan).  Bahkan jika menggunakan perahu motor pun, dibutuhkan waktu 12 jam, karena
setelah tiba di Kuala Terinting, masih harus berjalan kaki lagi
berjam-jam. Di sekitar air terjun ini, ada sejumlah gua alam yang oleh penduduk untuk menginap, di antaranya Gua Harimau.

Air Terjun Padelembayung di Desa Betiang dengan ketinggian 100 meter.  Untuk ke lokasi ini, dibutuhkan waktu dua hari dengan berjalan kaki (sekitar 60 km dari Serimbu).
Air Terjun Meroban, Amparjawa dengan ketinggian 30 meter.

Air Terjun Romboksetin di Desa Tenguwe  dengan ketinggian 35 meter, di kiri kanannya terdapat gunung dengan hutan belantara alami. Air terjun ini digemari pelajar setempat, dan jaraknya sekitar 30 km dari Serimbu.

Kemudian Air Terjun Bedawandi Desa Dangeaji dengan ketinggian 30 meter yang banyak ditumbuhi aneka jenis anggrek. Air terjun ini mengalir di Sungai So’ongDi sungai yang jernih, ikan berlimpah-limpah. Untuk ke lokasi ini, dibutuhkan waktu lima jam berjalan kaki dari Serimbu.

Air Terjun Berui di Desa Serinbu, sekitar 3 km dari Serimbu (satu jam berjalan kaki) memiliki enam tingkat,  Salah satu keistimewaannya,kawasan ini salah satu tambang intan tradisional.

Dan juga ada Air Terjun Ringin di Dusun Tejo, Desa Sepangah dengan tiga tingkat dan dapat ditempuh dengan satu jam berjalan kaki dari Serimbu.

Disekitar Serimbu ada beberapa tempat yang seharusnya dapat kita kunjungi seperti Air Terjun Tujuh Tingkat, Pagung Pangeran dan Terinting. Tempat-tempat itu tidak kalah eksotik dan indahnya dengan Manangar.

 Juga ada Air Terjun Tepaan, air Sungai Tepaan sepanjang 3 km dekat air terjun itu lurus tak berbelok-belok, dengan kedalaman 8-10 cm. Lokasinya sekitar satu jam dari Air Terjun Melanggar dengan berjalan kaki di jalan setapak. (dan)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *