Bayi Perempuan Ini Lahir Dengan Usus Diluar Perut

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU – Nasib malang dialami bayi berjenis kelamin perempuan berusia dua hari yang lahir, pada Rabu (13/7). Anak kedua dari pasangan Hepni (33) dan Voni (26) yang tinggal di Jalan Merdeka Barat, Senuruk RT 016 RW 006, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir itu memiliki kelainan saat lahir dengan usus diluar perut.

Bayi yang lahir di Puskesmas Sekadau Hilir saat itu ditangani oleh bidan dan lahir dalam persalinan normal. Namun, sayangnya bayi tersebut baru diketahui memiliki kelainan setelah lahir.

Unyil (34), Paman bayi mengaku pihak keluarga baru mengetahui kondisi tersebut setelah keponakannya itu lahir. Sebelumnya, kata dia, ibu si bayi melakukan pemeriksaan terhadap kehamilannya hingga melakukan ultrasonografi (USG) namun tidak ditemukan adanya kelainan.

“Bahkan ketika usia kandungan 8 bulan juga dilakukan USG. Tetap saja tidak terlihat adanya tanda-tanda kelainan. Baru tahu saat lahir,” ujarnya saat dijumpai, pada Jumat (15/7).

Saat mengatahui hal itu, kata Unyil, pihak keluarga sempat syok. Namun, keluargapun pasrah saat mengatahui kondisi keponakannya itu memiliki kelainan.

“Setelah lahir itu, keponakan saya langsung di rujuk ke RSUD dan selanjutnya di rujuk ke RS Sudarso Pontianak,” kata dia.

Bayi yang lahir dengan berat badan 2,5 kilogram itu rencananya akan menjalani operasi. Hanya saja, meski telah berada di RS Sudarso pihak keluarga masih kebingungan lantaran biaya untuk operasi tersebut tidaklah sedikit.

“Apalagi orang tua dari keponakan saya ini hanya petani atau noreh karet. Penghasilan hanya untuk cukup untuk kehidupan sehari-hari,” kata dia.

Menurut Unyil, pihak keluarga memang memiliki kartu BPJS hanya saja ditolak lantaran bayi tersebut belum terdaftar. Selain itu, dari penjelasan BPJS kata Unyil ketika USG tidak ada konfirmasi kepada pihak BPJS.

“Belum dioperasi hingga saat ini karena masih terkendala biaya. Diperkirakan untuk biaya operasi mencapai Rp25 juta. Tentu bagi kami ini sangat berat,” ucapnya.

Saat ini, PMI Cabang Sekadau sedang menggalangkan dana untuk membantu biaya operasi bagi bayi tersebut. Jika masyarakat yang tergerak hatinya untuk membantu bayi perempuan itu dapat menghubungi pihak keluarga ke nomor 082250848455 (Unyil, paman bayi) atau 081250214732 (Hepni, ayah bayi). (Mus)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *