Batu Sekayam Dominasi Ajang Pameran Batu Akik Sanggau

(POSTKOTAPONTIANAK.COM)

batu akik sekayam dominasi ajang pameran.(dok:WjS)
batu akik sekayam dominasi ajang pameran.(dok:WjS)

SANGGAU-Telah diselenggarakan Rabu 18/03 jam 08.00 pagi hingga sore jam 16.00 WIBA. Pameran batu akik dan bongkahan jenis batu khususnya diwilayah sekayam pameran tersebut dilaksanakan tepatnya didesa Balai Karangan Kecamatan Sekayam. Serta diikuti oleh tokoh masyarakat yaitu Koramil, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa serta instansi-instansi terkait lainnya.

Dengan adanya ajang pameran batu sekayam ini tak lain adalah untuk dilihat oleh seluruh masyarakat sekayam baik itu Entikong, Lubuk Sabuk, Kembayan, Bonti dan daerah lain yang berhubungan dengan sekayam. Batu batu permata yang dipamerkan dalam ajang tersebut yaitu berupa batu dari sekayam seperti batu panca warna, batu waku ular, batu motif tengkorak belang, batu kristal, batu solar dan banyak alagi batu-batu daerah sekayam yang masih dipamerkan. Dengan harga relatif murah dan terjangkau dinilai dengan harga Rp.50.000, Rp.100.000 sampai dengan Rp.150.000. Sementara untuk nilai bongkahan batu sekayam yang belum diolah juga ikut dijual dengan harga Rp.5.000 sampai Rp.10.000 tergantung dari jenis batu yang dipilih oleh konsumen itu sendiri.

Selain dari batu sekayam ada juga batu dari tanah  jawa seperti batu akik rubi, fosil karang kebumen, batu magma cair, batu dari fosil tanaman, kecubung es, batu bdar ulung, kecubung teh, kecubung kopi, batu julung derajat dan lain sebagainya. Batu daerah sekayam merupakan batu hasil alam yang dimiliki masyarakat sekayam serta memiliki potensi dan kualiatas terbaik nomor 1 seKalimantan Barat namun belum ada aharga yang bisa menjadikan batu sekayam yang dapat memicu harga yang lebih tinggi untuk saat ini. Dari narasumber sebut saja Pak Agus yang berasal dari Jawa ini juga ikut serta dalam ajang pameran batu akik dan bongkahan batu sekayam ia menerangkan berbagai unsur yang terjadibagaimana batu tersebut terbentuk sehingga menimbulkam berbagai macam corak jenis dan tekstur. Yang sangat memikat perhatian para pembeli mengikuti ciri khas batu nya masing-masing dalam bongkahan batu yang ia beli dari masyarakat per kilo gramnya mencapai Rp.100.000,00 jika diolah menjadi batu akik akan dapat menghasilkan nilai harga jual yang berlipat kali ganda dari hasil pembelian tersebut walaupun harga yang terjangkau serta nilai jual yang relatif murah dipasaran ia juga memberikan pemahaman tentangpembentukan batu mulai dari batu pecahan gunung merapi, magma cair dan metamorfosis yang terbentuk.

Diawal penjelasan dan keterangan yang disampaikan oleh Pak Agus selaku penjual batu mulia tersebut berbagai pameran lainnya seperti alat potong batu, pengasah batu sampai bubuk pengkilap juga perlihatkan oleh pemilik batu. Alat tersebut tak lain adalah sebagai pameran tambahan bagi masyarakat sekayam, agar para konsumen juga berinovasi dalam kegiatan mengelola bongkahan batu alam menjadi batu cincin yang indah serta rupa-rupa warna yang menari yang ada diwilayah sekayam  tak luput juga dari ,esin oleh itu sendiri berbagai bentuk  tekstur dan corak yang cantik adalah ring atau rumah ganggang batu cincin yang beragam yang menarik perhatian para konsumen sesuai dengan bentuk ganggang batu tersebut. Demikianlah ulasan laporan yang terambil fakta dilapangan jam 08.00 kemarin pagi.(Kamis 19/03 2015 wartajurnalis.com FM)/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *