Batu Akik dan Kecubung Kalbar Sangat di Minati

Jaka CS sedang mengasah batu cincin./md
Jaka CS sedang mengasah batu cincin./md

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! PONTIANAK-Batu Permata Kalbar Banyak di Minati.Makin banyak bermunculan berbagai jenis batu Akik dan Kecubung asli Kalbar.

Di tahun 2015 merupakan suatu peluan lapangan kerja baru bagi perajin batu. Hampir semua sudu kota Pontianak dan Kubu Raya.

Jaka pengasah Batu mengatakan sangat bersyukur karena majunya Batu asli Kalimantan Barat mulai dari Kecubung Ungu, Kopi, Bensin, Solar asal Ketapang.

Selain itu, Akik, Green Borneo, Bacan Kalimantan atau Green Borneo Kristal, Badar Besi, Red Borneo, Asal Putusibau, Panca Warna dan berbagai Akik asal Balai Karangan.

Menurut jaka, semenjak Batu mulai diminati masyarakat sangat membantu usahanya sebagai jasa asah (Menggosok) batu cincin, gelang dan liontin.

Untuk penghasilan perhari jasa mengasah batu bisa mendapatkan Rp. 1 juta dari hasil tersebut yang di bagi 4 orang pekerja. Bertempat di Pinggir jalan Sungai Raya Dalam Kabupaten Kubu Raya.

Jaka menuturkan, berbagai jenis Batu Akik Asal Kalbar, maka terbukalah peluang kerja dari mulai pencari batu, pengasah, penjual ikat cincin, gelang, kalung, dan penjual bahan jadi. Jadi setidaknya akan mengurngi pengangguran di Kalbar.

Dirinya juga berharap pasaran batu cincin ini akan tetap maju dan berkepanjangan, harapnya./mad

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *