Batalyon Kavaleri 12/Beruang Cakti Kodam XII/Tanjungpura Akan Segera Diresmikan

Mayor Kav Jami’an./dok.Pendam IX/Tpr
Mayor Kav Jami’an./dok.Pendam IX/Tpr

KUBU RAYA ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Detasemen Kavaleri-2/Beruang Cakti Kodam XII/Tanjungpura disingkat  Denkav-2/BC  Kodam XII/Tpr akan dinaikan tingkat menjadi Batalyon Kavaleri 12/Beruang Cakti Kodam XII/Tpr yang semula bermarkas di Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya akan berpindah Markas di Desa Peniti Luar, Kabupaten Mempawah.

Rencananya Pangdam XII/Tpr , Mayjen TNI Andhika Perkasa akan memimpin langsung peresmian Yonkav 12/Beruang Cakti. Tidak hanya itu, Danpussenkav Kodiklat TNI AD, Brigjen TNI Anang Dwitono, SE.M.M berencana akan mengahadiri peresmian Yonkav 12/Beruang Cakti yang bertempat di Desa Peniti Luar, Kabupaten Mempawah pada hari Selasa tanggal 30 Agustus 2016 nanti.

Komandan Batalyon Kavaleri 12/Beruang Cakti, Mayor Kav Jami’an saat memimpin penyiapan markas mengatakan, dinaikannya tingkat dari Detasemen menjadi Batalyon Kavaleri merupakan kebutuhan TNI AD khususnya Batalyon tank Kavaleri dibawah kendali Kodam XII/Tpr sebagai Satuan Bantuan Tempur yang bertujuan menjaga pertahanan dan keamanan wilayah NKRI mengingat wilayah Kalbar merupakan wilayah perbatasan.

“ Diresmikannya Batalyon Kavaleri 12/Beruang Cakti yang berkedudukan di Desa Peniti Kabupaten Mempawah nanti adalah untuk memperkuat pertahanan dan keamanan di wilayah NKRI, baik untuk wilayah di Kabupaten Mempawah  sendiri dan Kalimantan Barat yang merupakan wilayah perbatasan. Dengan demikian jumlah personil juga ditambah menjadi jumlah personil Bataliyon, termasuk perlengkapan alutsista yang dimiliki baik panser maupun tank, termasuk juga fasilitas baik perumahan asrama, barak dan lain-lain. Sekedar diketahui berubahnya satatus Detasemen Kavaleri-2/BC Kodam XII/Tpr disingkat  Denkav-2/BC  Kodam XII/Tpr dinaikan tingkat menjadi Batalyon Kavaleri 12/Beruang Cakti Kodam XII/Tpr ini juga sebagai peresmian Markas baru Yonkav 12/Beruang Cakti Kodam XII/Tpr yang berhombase di Desa Peniti Kabupaten Mempawah”, tambahnya.

Dikesempatan lain Kepala Dusun Karya Bhakti, Kecamatan Siantan, Desa Peniti Luar, M. Nur Mahmud mengatakan,” Kami beserta warga mendukung seratus persen akan diresmikannya Yonkav 12/BC yang berada di Desa Peniti Luar, karena diharapkan akan  dapat menjaga ketertiban dan keamanan NKRI, Kalimantan Barat, khususnya di Dusun Karya Bhakti yang berda di Desa Peniti Luar Kabupaten Mempawah ini”.

Sesuai rencana peresmian bukan hanya akan dihadiri para pejabat Kodam XII/Tpr dan TNI AD, termasuk para instansi baik kepolisian maupun Pemerintah Daerah setempat termasuk muspida, tokoh adat, tokoh agama, serta tokoh masyarakat yang berda di wilayah Kabupaten Mempawah khususnya di wilayah Dusun Karya Bhakti, Desa Peniti Luar./ dd/ lk

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *