Banjir Rendam Ratusan Rumah di Sukadana

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( KAYONG ) – Banjir kembali melanda di Kalimantan Barat, kali ini salah satu wilayah yang terkena bencana banjir tersebut adalah di Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara.

Menurut salah Ketua Unit I anggota Komunikasi Kemitraan Territorial (KKT) Kodim 1203/KTP, Iwan Wahyudi saat dikonfirmasi via telpon pada Jumat (2/6), menuturkan Banjir paling parah terjadi di Desa Benawai Agung, Desa Sedahan Jaya karena telah merendam ratusan rumah masyarkat disekitarnya.

“Kami sudah menurunkan puluhan anggota KKT yang tergabungan dari berbagai desa untuk melakukan evakuasi mulai dari pukul 07:00 WIB sampai dengan sekarang. Dan saat ini warga yang rumahnya terendam banjir, telah kami ungsikan di masjid, dan Balai masing-masing Desa,” tuturnya

Kondisi saat ini, ucapnya, genangan air telah merendam rumah warga dengan tinggi diperkirakan satu meter, sedangkan dalam proses evakuasi, pihaknya sudah bekerjasama dengan Pemda setempat, pihak kepolisian, FKPN, dan BPBD Kayong Utara.

“Pemda setempat juga sudah menyediakan konsumsi bagi para korban yang terendam banjir, yang diperkirakan jika bisa dipakai untuk 2-3 hari kedepannya. Sampai saat ini banjir masih belum bisa menurun, dikarenakan tingginya air pasang di tambah dengan hujan yang turun masih belum berhenti,” ucapnya.

Dirinya menilai, sampai saat ini, pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin dalam membantu masyarakat yang terkena bencana banjir, namun hal yang sangat dikautkannya jika kondisi air pasang ditambah dengan hujan terus bertahan, maka akan cukup menyulitkan untuk melakukan evakuasi ataupun mengampil kiriman konsumsi bantuan dari Pemda setempat.

“Sampai saat ini, kami dari KKT yang dibantu dengan instansi-instansi terkait lainya sudah berhasil mengevakuasi korban banjir sebanyak kurang lebih 170 KK, atau sekitar 310 jiwa. Selain itu di tempat pengungsian, terdapat dua sampai dengan tiga orang menderita sakit (demam), tapi kita disini juga sudah ada tim medis dari Postu, posdes, dan puskesmas setempat yang siap untuk membantu masyarakat,” pungkasnya.

(Viky)

Foto Banjir yang melanda Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara / Istimewa / POSTKOTAPONTIANAK

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *