Bangun Kabupaten Layak Anak

Sekretaris Daerah (Sekda), Mochrizal./ leo ARD
Sekretaris Daerah (Sekda), Mochrizal./ leo ARD

MEMPAWAH–POSTKOTAPONTIANAK.COM ! Sekretaris Daerah (Sekda), Mochrizal mengatakan kabupaten layak anak merupakan strategi pembangunan kabupaten/kota yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat yang terencana dan berkelanjutan.

“Hak-hak yang harus dipenuhi terhadap anak seperti di bidang kesehatan, pendidikan, perlindungan, infrastruktur, dan lingkungan hidup serta kesempatan berpartisipasi dalam pembangunan. Makanya, kami memandang perlu kebijakan pembangunan kabupaten yang layak bagi anak,” tegas Mochrizal di Mempawah, kemarin.

Mewujudkan kabupaten layak anak, imbuh Mochrizal, pemerintah daerah akan melakukan berbagai upaya. Seperti, mengintegrasikan sumber daya, isu-isu perlindungan, dan peningkatan kualitas anak ke dalam dokumen perencanaan dan implementasi pembangunan Pemerintah Kabupaten Mempawah.

“Anak merupakan potensi yang sangat penting. Generasi penerus masa depan bangsa yang menjadi pilar utama pembangunan nasional. Karena itu harus ditingkatkan kualitasnya dan mendapatkan perlindungan secara sungguh-sungguh dari semua elemen masyarakat. Namun, SDM yang berkualitas tidak dapat lahir secara alamiah,” pendapatnya.

Karenanya, sambung Sekda, perlindungan menjadi hak asasi yang harus diberikan kepada semua anak. Dan seluruh element masyarakat menyadari pentingnya perlindungan bagi anak-anak. Tetapi, kesadaran saja tidak cukup melainkan perlu langkah-langkah konkret, terkoordinasi dan berkelanjutan.

“Isu-isu perlindungan anak merupakan isu lintas program. Dinamika pembangunan akan membawa dampak yang tidak selalu positif bagi semua anggota masyarakat. Terutama, anak-anak yang secara alamiah memerlukan perlindungan dan secara sosial berada pada posisi yang rentan terhadap tindakan kekerasan maupun eksploitasi,” tukasnya.(leo/din/pkp)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *