Babak Baru di Persidang Penipuan Penerimaan PNS Bea dan Cukai

Reporter : Devi Lahendra

Pengadilan Negeri Pontianak. / foto : Devi L
Pengadilan Negeri Pontianak. / foto : Devi L

PONTIANAK ! POSTKOTAPONTIANAK.COM — Tersangka Herni Zulkaidah yang kini telah mendekam dibalik jeruji besi, atas kasus penipuan untuk menjadi PNS Bea dan Cukai, melalui kuasa hukumnya Syarifuddin, SH meminta agar hakim dapat menyeret pelaku lainnya dengan vonis hukuman yang sebanding dengan perbuatan pelaku.

“Untuk klaen saya sudah diputuskan dengan hukuman selama 1 tahun 2 bulan, saat ini sudah menjalankan hukuman selama 6 bulan. Namun selain klaen saya juga masih ada tersangka lainnya yaitu Supriati yang juga terlibat dalam kasus ini dan sekarang sedang menjalani proses sidang, untuk itu kita berharap hakim juga dapat memutuskan vonis yang adil, agar jangan hanya klaen saya yang dijadikan sebagai tersangka tunggal dengan hukuman yang sudah dijalani saat ini, tapi seret juga tersangka lainnya dengan hukuman yang setimpal, ” ucap Syarifuddin, pada sejumlah wartawan, saat di temui di Pengadilan Negeri Pontianak, Rabu (4/5/16).

Saat ini sudah enam saksi dihadirkan, lanjut Syarifuddin mengatakan saat ini ada satu saksi yang mengalami kerugian mencapai Rp 4,5 juta yang hingga kini uangnya tidak kembali.

“Ada satu saksi (korban-red) saudara Firman berasal dari Kota Singkawang, hingga kini uangnya tidak kembali, sedangkan klaen saya tidak mengenali korban, justru saudara Firman lebih kenal dengan Supriati, ” terangnya.

Menurut Syarifuddin, jika ditelusuri lebih mendalam tidak menutup kemungkinan kasus tersebut masih terdapat pelaku lain yang hingga kini tidak terjerat hukum, namun ikut menikmati uang hasil penipuan dengan iming-iming dapat memasukkan para korban menjadi PNS Bea dan Cukai.

“Jadi berdasarkan dari pengakuan klaen saya, dirinya telah membawa bekas serta uang para korban, ke Jakarta untuk menemui Eko Suganda dan Andi Suganda yang mengaku sebagai pegawai Bea dan Cukai. Dari pertemuan tersebut, Eko Suganda menjanjikan kalau dirinya akan membantu untuk memasukkan para korban agar menjadi PNS dilingkungan Bea dan Cukai, ” tukasnya./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *