Arpusda Kubu Raya Prioritaskan Desa Terpencil

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! KUBU RAYA – Apresiasi terhadap minat baca Arpusda Kubu Raya merealisasikan sebanyak 11 ribu buku dan 42

ket foto: dari sebalah kanan Kepala Desa Sumber Kecamatan Batu Ampar Agung, Arifin Nooraziz, SH bersama Kepala Desa Batu Ampar lainnya./foto ; iean/pkp
ket foto: dari sebalah kanan Kepala Desa Sumber Kecamatan Batu Ampar Agung, Arifin Nooraziz, SH bersama Kepala Desa Batu Ampar lainnya./foto ; iean/pkp

rak buku yang sudah terleasisasi ke beberapa Kecamatan dan desa Kabupaten Kubu Raya hal ini terjadi dari sejak tahun 2014 lalu.

Demikian kata Kepala Kantor Arpusda Jalan Adisucipto Komplek Tirta Ria No. AA2 Kabupaten Kubu raya, C. Tri Agustina, M.Pd di ruangannya pada hari Senin 23 Maret 2015.

“Dari beberapa desa yang sudah melaporkan hasil kunjungan perpustakaan desa salah satunya adalah Desa Sungai Jawi Kecamatan Batu Ampar,” jelas Tri sambil memperlihatkan dokumen kegiatan perpusatakaan di desa tersebut.

Tri menambahkan dalam rangka membentuk minta baca masyarakat di kecamatan dan desa-desa terpencil pihaknya sudah mengusulkan 30 proposal ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. “Dari 30 proposal yang berisi pengajuan 15 juta buku layak baca dan mendistribusikan 15 alokasi Tabanas (Taman Bacaan Nasional ) ke Pemprov,” ucap Tri Agustina.

ket foto lokasi perpustakaan desa Sumber Agung Kecamatan Batu Ampar Kab. Kubu Raya./foto;iean/pkp
ket foto lokasi perpustakaan desa Sumber Agung Kecamatan Batu Ampar Kab. Kubu Raya./foto;iean/pkp

Tri Agustina berharap mudah-mudahan dari 30 proposal yang sudah diusulkan ke pihak Pemerintah Provinsi bisa terealisasikan secepatnya sehingga masyarakat kita bisa mendapat manfaat dari gerakan Kubu Raya membaca.

Sementara itu di tempat terpisah beberapa Kepala Desa di Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya mengatakan,”untuk saat ini perpustakaan desa kami sudah di isi sebanyak 200 buku bacaan,” ujar Kepala Desa Sumber Agung Arifin Nooraziz, SH di Pontianak Kalimantan Barat.

Dalam hal ini pihaknya sudah mengajukan proposal ke Arpusda Kabupaten Kubu Raya untuk menambah buku-buku diperpustakaannya sebanyak 1000 buku bacaan.

Di karenakan kurangnya informasi dengan pihak terkait menjadi suatu hambatan,” oleh karena keterbatasan komunikasi kepada pihak Arpusda desa kami baru di prioritaskan di tahun 2016 mendatang jadi untuk sementara ini buku-buku diperoleh dari donatur dan relawan-relawan desa,” katanya.

Dikatakan Arifin pihaknya memprogramkan minat baca dengan cara bekerjasama dengan Sekolah Dasar dalam kegiatan tambahan jam belajar di perpustakaan desa nya.

“Demi kemajuan anak bangsa sebagai generasi penerus, kami tidak akan patah arang walaupun buku-buku di perpustakaan desa Sumber Agung masih bisa jauh dari kata cukup,” tegas Arifin./iean/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *