Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan, Lahan dan Kebun Kalimantan Barat

Kapolda Kalimantan Barat, Brigadir Jendral Arif Sulistyanto menggelar apel siaga./ian
Kapolda Kalimantan Barat, Brigadir Jendral Arif Sulistyanto menggelar apel siaga./ian

POSTKOTAPONTIANAKCOM ! PONTIANAK-Dalam hal mengatasi kebakaran hutan dan lahan Kapolda Kalimantan Barat, Brigadir Jendral Arif Sulistyanto menggelar apel siaga di lapangan Mapolda Kalimantan Barat pada hari Senin (6/04/2015).

Dikatakan Kapolda dalam kegiatan apel siaga ini akan diadakan diskusi antara pengusahan perkebunan sawit, memberikan pelatihan kepada Kepala desa  para Bamtipmas dan juga langkah-langkah lainnya.

Kapolda menambahkan Ini adalah starting awal setelah itu action dalam mengkaji hal ini pihaknya sudah menyiapkan sarasehan untuk pelatihan kepada Kepala Desa dan Masyarakat Peduli Api.

“Saya tidak mau setelah apel siaga tidak ada action nya lagi,” tegas Kapolda.

Terkait dengan statistik titik api pada tahun 2014 mencapai 1600 sedangkan pada  tahun 2015 hingga sekarang hanya 169 mengalami penurunan yang sangat signifikan,” langkah-langkah yang sudah kita lakukan dengan pihak terkait dan masyarakat peduli api sudah melakukan langkah itu sejak bulan Januari yang lalu,” jelas Kapolda.

 

Awal terjadinya pembakaran lahan kapolda menjelaskan,” dari beberapa kejadian yang pernah kita datangi awalnya adalah membakar sampah (jerami) akhirnya merembet ke lahan yang lebih luas lagi,” papar Kapolda.

Dalam hal ini pihaknya lebih mengedepankan pencegahan dari pada tindakan ke pelaku,”kalau kita lebih menegakkan hukum itu langkah yang sifatnya reaktif artinya sudah terjadi kebakaran, kita sudah mengalami kerugian yang sangat besar harusnya adalah jangan sampai ada kebakaran,” ucap Kapolda.

Untuk menjaga lingkungan dan masyarakat kapolda mengatakan para kepala desa bisa melakukan langkah-langkah pencegahan terhadap pembakaran lahan .

“Dan ini sudah direspon oleh Pemerintah pada pertemuan di Jakarta minggu lalu yang bertujuan lingkungan menjadi lestari masyarakat yang sehat adalah menjadi target dalam penyelamatan hutan dan lahan ini,” pungkas Kapolda./iean/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *