Antisipasi Penyelewangan Pupuk Bersubsidi, Dandim Singkawang Siap Lakukan Pengawalan

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SAMBAS-Dandim Singkawang Letkol Inf  Nico Reza H Dipura , dalam arahannya kepada semua Kelompok Tani

Gapotan, Dinas Pertaniandan Dandim Sambas antisipasi penyelewengan Pupuk Bersubsidi/lukman
Gapotan, Dinas Pertaniandan Dandim Sambas antisipasi penyelewengan Pupuk Bersubsidi/lukman

se-Kecamatan Tebas, Dan Ramil serta Babinsa se-Kabupaten Sambas, bahwa TNI AD dalam hal ini akan melakukan pengawalan dan pendampingan secara ketat terhadap distribusi pupuk bersubsidi serta bantuan peralatan pertanian lainnya.

Hal ini dilakukan semata agar pendistribusian pupuk bersubsidi cepat dan tepat waktu serta tepat sasaran sampai ke petani, jangan sudah mau panen barangnya baru ada.

Sementara itu mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Sambas Ir. Aliandri secara detil memaparkan, bahwa setiap daerah tentu tidak sama permasalahan yang akan dihadapi petani, demikian pula dengan pengadaan peralatan pertanian, beda wilayah tentu pula beda kebutuhannya. Tentu akan memiliki spesifikasi tersendiri, lanjut Aliandri.

Khusus untuk musim tanam tahun 2015 dan selanjutnya, jaringan irigasi yang akan dibangun akan berbeda tiap wilayah, bisa saja ada yang bersifat rehab dan mungkin pula bersifat bangunan konstruksi, disesuaikan dengan kebutuhan masing masing, terangnya pula.

Aliandri juga menerangkan, bahwa mengenai dana pembangunan irigasi akan langsung ditransfer kerekening petani melalui Gapoktan.

“ Kita berharap untuk Kecamatan Tebas dapat didahulukan mengingat pemberkasannya sudah terlebih dahulu diajukan. Mengingat ini merupakan dana Bansos tentu saja ada potensi swadaya petani,” terangnya.

Masih menurut Aliandri, dalam pemberkasan sebelum ditandatangani agar di teliti dan dibaca terlebih dahulu, jangan sampai seakan akan ada jebakan, yang spontan dibenarkan oleh Dandim Singkawang.

Ditambahakan oleh Letkol Inf Nico Reza H Dipura, juga menjelaskan bahwa pihaknya dalam hal ini TNI AD ada menemukan distribusi pupuk bersubsidi untuk Kabupaten Sambas yang diduga disimpangkan ke Budok Kabupaten Bengkayang oleh salah satu oknum distributor berinisial Y warga Kecamatan Selakau. Ini tentu akan kita teliti dan proses lebih lanjut, tegas Nico.

Maka dari itu berangkat dari jeritan petani yang selalu mengeluhkan kelangkaan pupuk bersubsidi maka kami dari TNI AD siap mendampingi dan mengawal baik distribusi pupuk bersubsidi maupun peralatan penunjang pertanian lainnya, seraya disambut tepuk tangan meriah dari para petani.

Acara yang berlangsung hangat dan penuh keakraban ini juga dihadiri Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas berserta staf Drs. M. Syerli. Selain itu dihadiri pula berbagai tokoh masyarakat dan Pemuda Kecamatan Tebas. Dalam acara ini para petani kompak dan bertekad akan meningkatkan hasil pertanian demi Ketahanan Pangan khususnya di Kabupaten Sambas. /Lukman Hakim-PKP/

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *