Anggota PPK Resmi Dilantik

Pelantikan anggota PPK./ syahdan
Pelantikan anggota PPK./ syahdan

NGABANG – POSTKOTAPONTIANAK.COM – Hadir dalam pelantikan PPK Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Landak Tahun 2017, Bupati Landak, Kapolres Landak, Kepala Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri , Ketua Panwaslih , Para Komisioner KPU Landak,  Sekretaris, Para Kasubag dan Seluruh Staf Sekretariat KPU Landak, Para Anggota PPK Se Kabupaten Landak, Rekan-rekan Jurnalis, Dan seluruh hadirin yang berbahagia.

Dalam rangka melaksanakan amanah Undang-undang, yaitu Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota PPK Se Kabupaten Landak dalam pemilihan bupati dan wakil bupati landak tahun 2017. “ Atas nama KPU Kabupaten Landak saya mengucapkan selamat dan sukses kepada bapak dan ibu telah terpilih sebagai penyelenggara Pilkada di tingkat Kecamatan.

Terima kasih juga kami sampaikan kepada Pemerintah Daerah, aparat keamanan dan pihak-pihak terkait atas perhatian dan dukungannya sehinnga kegiatan yang dilaksanakan hari ini berlangsung tertib dan lancar, ” ucap Lomon Ketua KPU Kabupaten Landak, Minggu, (23/7).

Selanjutnya, Lomon mengatakan, tahapan pembentukan PPK  banyak menguras energi, pikiran dan waktu, KPU Landak berdasarkan tahapan dan jadwal pemilihan bupati dan wakil Bupati Landak tahun 2017 sudah memulai tahapan ini sejak 21 Juni yang lalu, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait utamanya Pemda, Kecamatan, Desa, melalui media cetak dan elektronik dalam rangka penyebarluasan informasi rekrutmen PPK dan PPS, “ kita bersyukur dan berterima kasih dengan bantuan tersebut jumlah pelamar yang menyampaikan berkas PPK mencapai 169 orang.

Setelah dilakukan verifikasi administrasi 129 orang dinyatakan lolos untuk mengikuti seleksi tertulis dan wawancara, selanjutnya 65 orang yang terdiri dari masing-masing 5 orang per kecamatan dinyatakan lolos sebagai anggota PPK dan baru saja ikuti pelantikan hari ini, 23 Juli 2016.

Selanjutnya tugas-tugas yang mesti dikerjakan diantaranya berkoordinasi dengan pihak Kecamatan terkait pembentukan sekretariat dan kantor, berkoordinasi dengan Panwaslih Kecamatan dan MUSPIKA serta persiapan tahapan verifikasi bakal pasangan calon perseorangan serta pemutakhiran data pemilih.

Selain itu mesti melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Landak tahun 2017 di tingkat Kecamatan. “ Lakukan tugas bapak/ibu dengan profesional, penuh tanggung jawab dan sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku, ” papar Lomon.

Pahami undang-undang dan peraturan KPU secara utuh dan menyeluruh karena semua tugas, kewenangan dan kewajiban penyelenggara tertuang disana. Bahkan sanksi bagi penyelenggara secara tegas dibunyikan dalam beberapa pasal di UU Nomor 10 Tahun 2016 misalnya pada pasal 177B bagi penyelenggara yang dengan sengaja tidak melakukan verifikasi dan rekapitulasi data dan daftar pemilih  dapat dipidana dan denda.

Selain itu, pidana dan denda juga berlaku bagi peserta dan masyarakat manakala melakukan perbuatan melawan hukum sesuai UU tersebut.

Khusus untuk data pemilih perlu kami sampaikan agar para PPK berkoordinasi dengan kades untuk meng up date data pemilih yang meninggal, yang datang dan keluar dari Desa tersebut dalam bentuk by name by adress. “ Hal-hal yang teknis lainnya akan disampaikan pada saat Bimbingan Teknis  yang direncanakan 28-30/7 dengan narasumber dari KPU Provinsi Kalbar dan lain-lain,  ” terangnya. (dan)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *