Anak Jalanan Jatuhi Sanksi Tipiring

Post Kota Pontianak-Mempawah. Belasan anak jalanan yang ditangkap petugas Polsek Jungkat, telah dikembalikan ke orang tuanya masing-masing. Mereka diberikan peringatan dan sanksi tindak pidana ringan (tipiring).

Sebelum diserahkan kepada pihak keluarga, belasan anak jalanan tersebut mendapatkan pengarahan dan pembekalan dari Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transimigrasi (Sosnakertrans) Kabupaten Mempawah.

“Ada 17 anak jalanan yang terjaring razia Polsek Jungkat. Ketika itu, mereka ini sedang berkumpul melewati jam malam di fasilitas umum diwilayah Jungkat,” ungkap Kasi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Dinsosnakertrans Mempawah, Heru Agung, kemarin.

Sebelum diserahkan ke Dinsosnakertrans, sebanyak 17 anak jalanan itu terlebih dahulu menjalani proses hukum tipiring di Polres Mempawah. Sanksinya, selama dua bulan kedepan para anak jalanan tidak boleh terlibat tindak kriminalitas.

“Apabila selama masa sanksi tipiring itu terlibat dalam tindak kriminalitas, maka yang bersangkutan akan dikenakan pidana penjara satu bulan,” tegasnya.

Karenanya, Heru berpesan kepada para orang tua anak jalanan ini agar meningkatkan kontrol dan pengawasan. Jangan sampai anak-anak ini lepas dari pengawasan hingga kembali berkeliaran di jalanan.

“Kita tekankan agar pihak keluarga lebih memberikan perhatian kepada anak-anak ini. Supaya mereka tidak lagi bebas berkeliaran di jalanan hingga menyasar ke daerah-daerah lain,” tukasnya.(abe/leo-PKP)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *