Alpius Ucap Syukur APBD Landak 2018 Sudah Disahkan

(NGABANG), POSTKOTAPONTIANAK.COM-Ketua tim anggaran Pemkab Landak, Alpius mengucapkan rasa syukurnya karena APBD Landak tahun 2018 sudah disahkan bersama Pemerintah Kabupaten Landak dan DPRD Landak.

Menurut Alpius, apabila hingga tanggal 30 Nopember 2017, APBD itu belum disahkan, tentu akan ada sanksi bagi Kepala Daerah dan DPRD, ”  sanksi itupun berlaku diseluruh Indonesia, ” kata Alpius.

“Jika APBD tahun 2018 itu terlambat ditetapkan, gaji anggota DPRD Landak selama enam bulan tidak terbayarkan,” ujar Alpius, (30/11).

Ia mengakui, dalam pembahasan RAPBD Landak tahun 2018 antara tim anggaran eksekutif dan legislatif, hal yang paling hangat dibicarakan yakni, masalah pengurangan Dana Alokasi Umum (DAU) dari tahun ke tahun.

“Selain itu, memang ada kewajiban Pemkab Landak untuk menyiapkan dana sharing bagi Alokasi Dana Desa (ADD). Itu yang membuat postur APBD kita tahun 2018 ini lebih terkuras ke dana sharing ADD. Sebab, dulunya volume kegiatan di Kabupaten itu lebih banyak, tapi sekarang ada dana sharing untuk ADD. Makanya sekarang ini pola pembangunan mengarah kepada Desa yang sebagai ujung tombak pembangunan,” katanya.

Ia mengingatkan Desa untuk berhati-hati dalam penggunaan dana yang cukup besar itu.

“Sebab kita ini dilakukan pengawasan dari semua lini. Tentunya harus ada transparansi, akuntabilitas dan tepat sasaran terhadap program-program yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat yang berskala prioritas,” Pj Sekda Landak , Alpius, mengingatkan. (ril/dan)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *