Adhyaksa Dault Kagum Dengan Cara Anak Muda Menyampaikan Pancasila Lewat Meme dan Video

JAKARTA – Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, kak Adhyaksa Dault mengatakan nilai-nilai Pancasila bisa disampaikan melalui media apapun. Generasi muda bisa menyampaikannya lewat, video, foto, poster dan meme, untuk kemudian disebarluaskan di media sosial, dan ini tidak hanya menjangkau Indonesia, tetapi dunia

“Generasi sekarang tetap butuh diberikan ceramah, namun yang harus kita sadari juga, mereka generasi sekarang adalah generasi yang mempunyai kemampuan luar biasa menyampaikan pesan lewat foto, meme, video dan poster, ini harus kita apresiasi dan dorong terus,” ujar  Kak Adhyaksa Dault di Jakarta (31/05/2016).

Kak Adhyaksa Dault menyampaikan pengalamannya saat mencanangkan Gerakan Aksi Untuk Lingkungan (GAUL) bersama Pramuka pada Minggu kemarin (29/05). Acara ini dihadiri 1000 orang anggota pramuka dari penggalang, penegak, dan pandega serta kakak pembina.

“Saya banyak di mention dan dikirimkan lewat wa oleh anak-anak muda, mereka mengirimkan foto, video, poster yang memuat pesan-pesan Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah dan Keadilan sosial, sadar lingkungan, dll. Ini era setiap anak muda mampu menyampaikan pesan dengan cara mereka,” jelas Kak Adhyaksa Dault.

Kak Adhyaksa Dault menambahkan Kwarnas Gerakan Pramuka fokus dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda. Bulan Oktober tahun 2015 lalu, Kwarnas Gerakan pramuka mengadakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta dengan tema “Pancasila dan Kita.”

Saat itu ditampilkan foto-foto terbaik karya anak Pramuka, video-video dan monolog Cut Nyak Dien yang dibawakan artis peran Ine Febriyanti dan puisi dibawakan pemain teater senior, Sari Madjid, keduanya merupakan Andalan Nasional Gerakan Pramuka. Hadir saat itu mantan Wakil Presiden RI Jendral Tri Sutrisno dan istri, sertapuluhan tokoh dari berbagai macam latar belakang.

“Pancasila tidak harus disampaikan lewat radio saja, melainkan dapat diutarakan melalui puisi, lagu, monolog, dan bahasa foto, Indonesia beruntung punya banyak anak-anak muda kreatif. Hal yang terpenting, Pancasila itu harus direalisasikan dalam kehidupan sehari hari, karena Pancasila harus menjadi diri kita sendiri,” ujar  Kak Adhyaksa Dault ketika itu.‎/Hms

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *