Ada Pelajaran Sejarah Dalam Lomba-Lomba 17 Agustusan

CIBUBURJAKARTA ! Banyak acara menarik pada 17 Agustusan di arena Jambore Nasional Gerakan Pramuka diantaranya; upacara dengan pakaian adat yang diikuti 25 ribu peserta Jamnas dari seluruh provinsi di Indonesia, pasar rakyat, pembuatan video-video kampanye internet sehat dan membentangkan bendera besar di Danau Cibubur (Setu Baru). Namun demikian berbagai perlombaan juga tetap diadakan.

Bedanya peserta perlombaan yang semua anggota Pramuka Penggalang (usia 11-15 tahun) terlebih dahulu diberikan penjelasan tentang lomba-lomba seperti; makan kerupuk, tarik tambang, bola panas dan tarik tambang. Lomba ini diadakan di masing-masing sub perkemahan dan dipandu oleh para pembimbing perkemahan.

Kak Joko Mursito, salah seorang pembina perkemahan menjelaskan bahwa perlombaan-perlombaan ini punya makna sejarah. Misalnya, balap karung mengingatkan kita akan pedihnya penjajahan, saat itu rakyat begitu miskin, karung goni banyak digunakan untuk pakaian. Lomba makan kerupuk dengan tangan diikat dibelakang juga menggambarkan kesulitan masa penjajahan.

Peserta diharapkan memaknai ini sehingga tekad untuk mempertahankan kemerdekaan terus berkobar. Dalam perlombaan juga banyak nilai-nilai pendidikan. “Lomba tarik tambang bukan hanya adu kekuatan, namun mendidik peserta bekerja tim. Tarik tambang mengajarkan tentang gotong royong, kebersamaan, dan solidaritas.” Jelas Kak Joko Mursito di Cibubur, Jakarta (17/08)

Sementara itu Ketua Kwarnas, Adhyaksa Dault saat diminta tanggapan mengenai hal ini mengatakan bahwa Gerakan Pramuka memiliki banyak Pembina senior yang  memahami sejarah dan makna yang terkandung dalam setiap permainan. “Banyak permainan yang dibuat oleh Gerakan Pramuka, termasuk permainan-permainan untuk menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam revolusi mental, ada tahapan-tahapan yang harus dilalui sehingga sebuah permainan dapat diterapkan”, jelas Mantan Menpora 2004-2009 ini./ (HK)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *