92 BPD di Lima Kecamatan Dilantik

Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana melantik BPD./leo ARD
Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana melantik BPD./leo ARD

MEMPAWAH– POSTKOTAPONTIANAK.COM ! Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana melantik 92 Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Rabu (4/5) di Aula Kantor Bupati Mempawah. Puluhan BPD itu berasal dari sejumlah desa di lima kecamatan se-Kabupaten Mempawah. Pelantikan berjalan hikmad dan lancar.

92 Anggota BPD tersebut dari Kecamatan Mempawah Hilir, Mempawah Timur, Sungai Pinyuh, Anjongan dan Sadaniang. Wabup dalam sambutannya mengatakan, pembangunan desa menjadi prioritas pemerintah. Melalui Undang-Undang (UU) desa, memberi kekuatan secara hukum dalam pelaksanaan pemerintahan desa.

Terlebih adanya perubahan paradigma terkait pembangunan desa. Jika sebelumnya top-down atau sentralistik, sekarang bersifat bottom-up atau partisipatif,” kata Ramlana.

Perubahan paradigma itu, sambung Wabup, menuntut adanya komitmen dari seluruh pemangku kepentingan yang ada di daerah. Untuk menjadikan gerakan desa membangun Indonesia sebagai konsensus atau kesepakatan bersama.

“Bicara tentang pembangunan desa, maka ada aspek yang sangat strategis dan lebih luas maknanya, yakni bagaimana desa dalam membangun Indonesia. Semangat yang terkandung pada UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, berupaya menempatkan desa sebagai kesatuan masyarakat hokum,” tuturnya.

Lebih jauh, Ramlana menyebut, kedudukan BPD sebagai mitra pemerintah desa sangat strategis. Makanya, BPD wajib ikut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Bahkan, secara kelembagaan, BPD memiliki kewenangan besar untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya di masyarakat.

“Di antara tupoksi BPD itu, bersama kepala desa memimpin jalannya musyawarah desa, mengusulkan rancangan peraturan desa, mengawasi dan meminta keterangan tentang penyelenggaraan pemerintahan desa, menyatakan pendapat atas pemerintahan desa, dan menjaring serta menyalurkan aspirasi warga desa,” tukasnya.(leo/din/pkp)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *