80 Ketua RT Desa Hilir Kantor Ikuti Pelatihan Pelaporan Penduduk

Sebanyak 80 ketua RT se Desa Hilir Kantor ikuti rapat pelatihan pelaporan penduduk./ Dan
Sebanyak 80 ketua RT se Desa Hilir Kantor ikuti rapat pelatihan pelaporan penduduk./ Dan

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! NGABANG – Rabu, (14/12/2016), di ruang Kantor Desa Hilir Kantor Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalbar, berlangsung kegiatan pelatihan pelaporan penduduk. Dengan nara sumber Sekcam Ngabang, (Saleh), dan Kasi Pemerintahan kantor Camat Ngabang, Ahmad Yani, rapat dipandu oleh Kepala Desa Hilir Kantor Kecamatan Ngabang, Yohanes, S.PDK, berlangsung tertib. Dan diantaranya ketua RT menyampaikan berbagai masalah pembangunan di lingkungan RT nya, dimana banyak menyorot masalah drainase, dan kondisi penduduk yang tinggal di lingkungan RT nya.

Menurut Sekcam Ngabang, (Saleh), pekerjaan ketua RT adalah pekerjaan social yang tugasnya membantu kepala Desa dalam melaksanakan tugas Pemerintah Desa. Merupakan tugas yang mulia, dimana tugas pelayanannya bersentuhan langsung dengan masyarakat. Karena mengembang tugas yang berat, Saleh berharap agar Pemerintah dapat memperhatikan para Ketua RT ini. Saleh mengingatkan bahwa para kertua RT harus dapat menyampaikan laporan kependudukan, dan usulan pembangunan, serta masalah social lainnya kepada Kadus, dan seterusnya di sampaikan kepada Kepala Desa, untuk ditindaklanjuti kepada pihak yang berkompenten sesuai dengan urusannya.

Dalam hal ini Kepala Desa, Yohanes, menerangkan, pelatihan pelaporan penduduk ini sangat penting, karena keluar masuknya penduduk ke suatu Desa wajib diketahui dan dilaporkan ke Kadus, Kades, Kecamatan dan Capil. Kondisi riil terhadap penduduk sangat penting agar Pemerintah dapat menentukan kebijakan pembangunan di suatu kawasan. “ Begitu pentingnya data penduduk ini makanya kita minta agar setiap ketua RT dapat menyampaikan laporan penduduk setiap bulan. Dalam pelatihan pelaporan penduduk ini kita tekankan agar para ketua RT dapat melaksanakan pelaporan penduduk  secara benar dan akurat agar sasaran pembangunan dapat terlaksana dengan baik, ”  ucap Kades Yohanes. (dan)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *