53 CJH Landak Ikuti Manasik Haji

NGABANG, POSTKOTAPONTIANAK. COM – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Landak melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh terus melakukan persiapan keberangkatan 53 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Landak.

Persiapan terakhir, para CJH Landak mengikuti bimbingan manasik haji tingkat rayon KUA se Landak yang digelar, Selasa (16/5) di aula Kantor Kemenag Landak.

Menurut Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Landak, Taufiqqurohman mengatakan, selain melaksanakan bimbingan manasik haji, pasport para CJH Landak juga sudah dipersiapkan.

“Dari 53 kuota CJH untuk Landak, sebanyak 50 CJH Landak paspornya sudah selesai. Sedangkan tiga CJH lainnya, masih diusulkan. Ketiganya yakni, penyatuan Mahrom, Lansia dan pendamping Lansia. Sebenarnya, paspor ketiganya sudah siap. Tapi kalau pasportnya gol, mudah-mudahan tidak ada kendala untuk penyiapan pasport tersebut,” ujarnya.

Dijelaskannya, bimbingan manasik haji yang dilaksanakan itu sebenarnya dilaksanakan di masing-masing KUA.

“Tahun-tahun sebelumnya memang begitu. Tapi karena jumlah CJH dimasing-masing KUA sedikit, akhirnya kita satukan di tingkat kabupaten. Kegiatan bimbingan manasik haji inipun akan dilakukan sebanyak delapan kali pertemuan dengan satu kali pertemuan berdurasi empat jam,” jelasnya.

Nantinya bimbingan manasik haji tersebut, akan dilanjutkan dengan manasik haji masal tingkat kabupaten.

“Insya Allah bimbingan manasik haji itu akan dilaksanakan setelah lebaran ini,” ucap Taufiq.

Ia menambahkan, direncanakan jadwal keberangkatan CJH Landak tersebut dilakukan pada 7 Agustus mendatang.

“Kita masuk pada gelombang pertama dan Kloter pertama. Biasanya kita masuk Kloter Nusantara, Mengapa kita masuk pada gelombang pertama, hal ini dikarenakan CJH kita tergolong sedikit dan mudah mengaturnya,” ungkap Taufiq.

Sebelum keberangkatan, Kantor Kemenag Landak akan melakukan rapat koordinasi keberangkatan CJH asal Landak bersama instansi terkait.

“Pihak kepolisian juga kita libatkan,” ucapnya.

Ditanya soal pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) ia menjelaskan, pelunasan BPIH bagi 50 orang CJH asal Landak semuanya sudah selesai di tahap pertama.

“Kemudian, pada pelunasan tahap kedua, tinggal tiga CJH lagi yang kita usulkan, apakah diakomodir atau tidak. Maksud tidak diakomodir tersebut dikarenakan ada tata urutan di dalam pemenuhan kuota yang sesuai dengan Peraturan Menteri Agama (Kemenag). Tapi yang penting kita sudah berupaya untuk mengusulkan pemenuhan kuota tiga CJH tersebut,” pungkasnya.

Bimbingan manasik haji tersebut dibuka langsung Kepala Kemenag Landak, H. Natsir. Tampil sebagai narasumber dari Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Landak, Kantor Kemenag Landak, Kepala KUA Ngabang, Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Landak dan sejumlah narasumber./dan.

(53 CJH Landak ikuti manasik haji./dan).

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *