50 Peserta Dari Desa dan Sekolah Ikuti Bimtek Pengelola Perpustakaan

Kades Serimbu, Mustari sedang mengikuti Bimtek Pengelola Perpustakaan Sekolah dan Desa./ foto : dan
Kades Serimbu, Mustari sedang mengikuti Bimtek Pengelola Perpustakaan Sekolah dan Desa./ foto : dan

NGABANG ! POSTKOTAPONTIANAK.COM 50 peserta  utusan dari 14 sekolah  dan 16 Desa di Kabupaten Landak, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Pengelola Perpustaakan Sekolah dan Desa.  Bimtek bertujuan untuk meningkatkan Kopetensi SDM di bidang Perpustakaan dan Untuk Meningkatkan Wawasan Pengelolaan Perpustakaan tentang Pelayanan pada Perpustakaan serta Tercapainya Pelayanan yang Maksimal untuk Para Perpustakaan. Dilaksanakan selama tiga hari, dimulai tanggal  24-26 Oktober 2016, di aula Kantor Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Landak,  dibuka Plt. Sekda , Alpius, S.Sos, MM,  mewakili Pj. Bupati Landak  Ir. Jakius Sinyor.

Dalam amanatnya, Plt Sekda Alpius, mengatakan,  “Sesuai amanat undang-undang Republik Indonesia nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan bahwa salah satu upaya yang di lakukan agar fungsi Perpustakaan dapat bejalan secara optimal yaitu sebagai Wahana Belajar, Penelitian, Pelestarian Informasi dan Rekreasi di harapkan juga menjadi bagian kehidupan keseharian masyarakat ”.

Menurut Alpius, Perpustakaan merupakan ujung tombak dari berhasilnya pembangunan manusia dibidang pendidikan yaitu meningkatkan minat baca masyarakat merupakan tugas mulia yang harus di dukung oleh semua pihak.

“Peranaan Perpustakaan sangat penting bagi masyarakat sebagai salah satu sarana, media yang amat efesien dan efektif untuk mendapatkan informasi,” katanya.

Bimtek Pengelolaan Perpustakaan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mempersiapkan tenaga Pengelola Perpustakaan yang mempunyai kemampuan dan keterampilan dibidang Perpustakaan dan salah satu bentuk upaya mengembangkan dan memberdayakan para Pengelola Perpustakaan yang ada di Kabupaten Landak.

Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dukumentasi Landak, F. Yonas  mengatakan, latar belakang kegiatan Bintek ini merupakan program yang dilaksanakan untuk mengembangkan Perputakaan dan menumbuhkembangkan minat baca bagi kalangan anak didik yang diupayakan sejak dini agar generasi mendatang lebih cerdas dan mandiri.

“Kegiatan Bintek ini diharapkan dapat melahirkan pengelolaan Perpustakaan yang profesional dan berkualitas sehingga dapat memberikan layanan yang optimal untuk Perpustakaan,” katanya. (dan)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *