25 Anak Ikut Tes Pramugara dan Parmugari

Anak-anak yang mengikuti tes bersama pihak Universitas Pramugariku./yahya
Anak-anak yang mengikuti tes bersama pihak Universitas Pramugariku./yahya

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU-Tak tanggung-tanggung, Janiar Sudianto Sinaga selaku Direktur Sekolah Pramugariku Surabaya terjun langsung ke Kabupaten Sekadau guna melakukan rekrutmen kepada remaja putra dan putri yang berminat menjadi pramugari dan pramugara baik di penerbangan  domestik maupun internasional.

Setelah menyebarkan brosur ke sekolah-sekolah 11 Februari lalu, Rabu, dengan difasilitasi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Sekadau, 25 putra-putri yang dari sembilan sekolah SMA/SMK/Sederajat yang memasukan lamaran,di seleksi langsung oleh pihak Direktur Universitas Pramugariku,di aula Dikpora Sekadau.

Selama dua tahun terakhir, terhitung 20 putra-putri dari berbagai sekolah di Kabupaten Sekadau saat ini sudah menjadi pramugari dan pramugara di beberapa air line baik domestik maupun lokal.

Dijelaskan Janiar, dalam rekrutmen, point-point penilaian yang menjadi prioritas seperti, fisikli, (postur) dan tak kalah penting adalah kemauan serta daya juang si calon dalam mengejar cita-citanya sebagai pramugari maupun pramugara. ” Fisik utama, tapi tak kalah penting si anak yang punya kemauan dan tekad yang kuat, serta daya juang,” terang pria ramah itu.

Diceritakannya Janiar, dari 20 pramugari dan pramugara yang saat ini sudah menjadi pramugari-pramugara, rata-rata berbesik dari keluarga yang berekonomi standar.

” Tidak mesti anak dari kalangan keluarga mampu,bahkan kebanyakan dari keluarga biasa,tetapi anakya memiliki kemauan untuk belajar dan tekad
yang kuat,” tegas dia.

Ia, menjelaskan kemauan dan tekad yang kuat dari anak-anak yang ingin menjadi pramugari dan pramugara semua berawal dari mimpi dan selanjutnya diwujudkan dalam bentuk keseriusan dalam belajar serta kemauan yang kuat.

” Saya sebagai instruktur merasa punya tantangan sendiri jika harus mengajar atau menempa anak-anak yang bisa dikatakan mulai dari 0, jika mereka berhasil ada kepuasan batin sebagai instruktur sekaligus direktur sekolah pramugari/pramugara ini,” papar Janiar.

Tahun ini,pihaknya menargetkan sebanyak 20 siwa-siwi dari Kalimantan Barat  yang akan di boyong ke Surabaya untuk di tempa dengan kuota, sepuluh  anak dari Kabupaten Sekadau, lima dari Kabupaten Sintang dan lima anak dari Kota Singkawang.

Dijelaskanya, materi-materi yang akan diberikan kepada anak-anak yang diyatakan lolos seleksi sebanyak 10 program inti seperti,carakter
bilding, (mentalitas), garming (penampilan), comunicasion (bahasa atau cara berbicara), besic (pengetahuan mengenai dunia penerbangan), exsersaise (keselamatan dalam penerbangan dan hal-hal terkait penerbangan), internationak caltur (bagaimana mengenal budaya di dunia), service axselen (memberikan service), Job Interviuw (membuat lamaran), sykotes (kesiapan sikologi), medical know lage (penangulangan awal di saat  membutuhkan medis saat penerbangan).

Adapun siwa-siwi yang memasukan lamaran dan menjalani tes pada penerimaan tahun 2015 antara lain,  SMA Nanga Mahap, Nanga Taman, SMA
PGRI 05 Sekadau Hulu, SMA 1 Sekadau, SMA Karya, SMA Belitang Hilir, SMK Amaliyah, SMA 4 Timpuk, SMA Belitang Hulu, SPP Karya, dari jumlah ini,8 diantaranya mengikuti tes  Pramugara, 17 lainya mengikuti test pramugari.

” Tahapan seleksi selanjutnya, tes kesehatan di RS setempat dengan katagori, kesehatan paru-paru, urin dan darah. Anak-anak hanya mengirim
hasil tes kesehatan ke kita,” ungkap Janiar./Ya

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *