Ujian Dimanfaatkan Untuk Pengembangan Diri

Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang./ foto dok Ponpes
Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang./ foto dok Ponpes/

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! PEMULANG – Ujian adalah sunnah Pondok yang harus diikuti oleh seluruh penghuni Pondok, demikian Pesan Pimpinan Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang KH. Saifuddin Arief SH, MH, Sabtu (17/12/2016).

Menurut KH. Saifuddin, Pondok ini dibangun oleh wakif dan pengurus untuk mempertahankan akidah dan studi agama islam.

Bersyukur masih ada pondok yg mengembangkan ajaran islam, karena tidak banyak Sekolah bahkan pemerintah yang sungguh-sungguh menjaga dan mengamalkan ajaran agama Islam dengan benar,ujar Pimpinan Pondok.

Katanya, Pondok ini tidak dibangun oleh pemerintah, tapi dibangun oleh keiklasan, kemauan Pendiri dan para wakif.

“Kami minta supaya semuanya mengerti bahwa pondok ini dibangun oleh kesungguhan, kemauan sendiri, bukan paksaan. Oleh karena itu, segala yang ada di pondok ini harus dipelihara, ditata dan dijaga,” harapnya.

Alhamdulillah, kita sudah mulai diperhitungkan, walaupun masih banyak kekurangan, di sanah sini. Inisiatif, tanggungjawab jangan sampai kurang. Jangan jadi orang yang bermental gerobak. Jangan mau diperintah, disuruh-suruh. Jangan ada yang ditakuti di pondok ini. semuanya harus berjalan dengan keterpanggilan,  nasehat yang disampaikan KH. Saifuddin.

“ Kami ingatkan sekali lagi, ujian merupakan satu kegiatan yang tidak perlu ditakuti. Ujian harus dimanfaatkan untuk pengembangan diri. Santri-santrinya harus siap mental, jangan gerogi, jangan putus asa, jangan mencotek,” jelas dia.

Lanjutnya mengingatkan, Mencotek tidak ada manfaatnya, hanya akan menghinakan diri sendiri. Kepribadian, karakter, lebih penting dari nilai yang didapatkan.

Cara mendapatkan nilai yang baik, belajar bersama, bertanya kepada guru yang belum dipahami. Supaya santri-santri menjaga DUIT : Do’a, Usaha, Istiqamah, Tawakkal

Ketika ujian syafahi, banyak anak-anak yang gerogi, takut ketika menghadapi penguji, tapi kita sudah menjadikan hal ini sebagai sunnah. Untuk menguatkan mental, kuat dalam mempertahankan idea dan siap dikoreksi, jelas Pimpinan Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9./ (R)/abePKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *