Hore ! 16 Tahun Menanti Air Bersih, Akhirnya Air PDAM Mengalir ke Rumah

Januar Pribadi, Melakukan Peninjauan Langsung Kelokasi Pemasangan MBR di Kecamatan Pontianak Utara.*/ foto : Hendri wjs
Januar Pribadi, Melakukan Peninjauan Langsung Kelokasi Pemasangan MBR di Kecamatan Pontianak Utara.*/ foto : Hendri wjs

PONTIANAK   ! POSTKOTAPONTIANAK.COM –– Sebagai kota barometer di wilayah Provinsi Kalimantan Barat, tak ayal mengantarkan Kota Pontianak terus berbenah baik dari sudut infrastruktur, sumber daya manusia hingga sampai pada pembenahan sambungan air bersih bagi masyarakat berpenghasilan rendah, yang digawangi oleh PDAM Tirta Khatulistiwa.

Sejatinya kebutuhan air bersih bagi masyarakat menjadi tuntutan dasar yang harus terpenuhi, sejalan dengan program Pemerintah Kota Pontianak melalui PDAM Tirta Khatulistiwa memberikan sambungan air bersih khusus bagi masyarakat kurang mampu.

“Untuk tahun ini, kita memberikan sambungan  bagi masyarakat kurang mampu sebanyak dua ribu sambungan, yang tepufokus di Kecamatan Pontianak Utara, Pontianak Barat serta Kelurahan Sungai Beliuang Kecamatan Pontianak Barat, ” terang Ketua Tim Hibah Air Minum APBN TA II Masyarakat Berpenghasilan Rendah, Januar Pribadi. SE, pada Postkotapontianak.com, Kamis (1/9/16).

Program ini, lanjut Januar mengatakan, harus terus berjalan disetiap tahunnya, terutama di kecamatan yang tergolong masyarakatnya dengan kategori kelas ekonomi ke bawah, yang mana kebutuhan air bersih justru menjadi kebutuhan pokok yang harus mereka penuhi untuk keperluan sehari-hari.

“Jadi hari ini saya turun langsung untuk melihat sejauh mana, program MBR ini dilaksanakan dilapangan. Karena saya tidak mau hanya menerima hasil laporan diatas kertas tanpa melakukan peninjauan langsung dilapangan. Karena saya juga ingin mengetahui sejauh mana antusias masyarakat terhadap program ini, sehingga interaksi kita dengan masyarakat dapat langsung terjalin dengan baik, ” tandas Januar.

Ditempat yang sama, Mansur, Ketua Rt  3 / Rw 21, Kelurahan Siantan Hilir, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak menyambut baik program sambungan PDAM bagi masyarakat kurang mampu, dengan biaya pemasangan yang sangat terjangkau.

“Ditempat kami ini mendapatkan 19 titik pemasangan, untuk tahap pertama dipasangan sebanyak 9 titik dan hari ini tahap kedua sebanyak 11 titik pemasangan. Saya rasa program ini sangat membantu masyarakat, karena selama ini krisis air bersih dan sambungan ini juga sangat murah, ” kata Mansur.

Senada dengan Mansur, Lalang (32) ibu 4 anak ini merasa sangat terbantu dengan adanya sambungan air bersih dari PDAM Tirta Khatulistiwa yang kini dapat dirasakan langsung oleh warga yang kurang mampu.

“Akhirnya kami masyarakat yang kurang mampu, dapat juga merasakan aliran air ledeng di rumah kami. Kurang lebih 16 tahun sejak saya tinggal di Gang Dharma Putra Maju, baru tahun ini kami dapat sambungan air bersih yang sangat murah dengan biaya 200 ribu kami sudah dapat sambungan ledeng. Saya berterima kasih kepada Walikota Pontianak, yang telah memperhatikan kebutuhan masyarakat, ” ujar Lelang.*/ (dev).

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *