Ratusan Warga Demo PLTD Jungkat

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! JUNGKAT – Terlihat ratusan Warga jalan Pelabuhan Jungkat dan sekitarnya lakukan demo di PLTD  Parit Baru Jungkat Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah, Jum’at (15-7-2016).

Limbah yang selama ini dikeluhkan terlihat langsung dibuang ke Sungai yang berjarak sekitar lima meter dari PLTD.

Menurut Mintra FL (24), akibat limbah yang mencemari lingkungan sangat meresahkan. Apalagi pembuangan limbah tersebut langsung dialirkan ke sungai.

Keluhan ini sudah sering sampaikan pada pihak PLTD, bahkan beberapa kali telah melakukan pertemuan tapi hingga saat ini tidak mendapat tanggapan, katanya.

Begitu limbah kembali mencemari sungai, Warga secara spontan mendatangi PLTD minta agar mesin PLTD dimatikan, timpal Daeng Hasanuddin (52) warga RT.03/03 Jalan Pelabuhan Jungkat.

Pencemaran limbah dari PLTD yang berwana hitam tersebut, pada waktu air surut mengalir ke laut. Sedangkan waktu air pasang sampai ke arah Parit H. Seman Jungkat, jalas Mintra.

Selain itu, mesin yang beroperasi memecahkan kesunyian, menggetarkan rumah-rumah penduduk. Sementara Limbah Asap yang mengepul dari cerobong-cerobong asap setiap hari semakin menebal.

Atap-atap rumah warga sudah menguning. Air-air ditempayan kami juga sudah menguning akibat dampak limbah asap. Arang-arang bertaburan mengalir di sungai dan saya punya buktinya, pungkas Mintra yang dibenarkan warga lain./ABE PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *