1,3 M Siap Bangun PLTMH Gurung Urau‎

Masyarakat Gurung Urau Lakukan Upacara Adat Pembangunan

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU – dinilai 1,3 Miliyar disiapkan Pemerintah Kabupaten Sekadau untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Dusun Gurung Urau Desa Lembah Beringin Kecamatan Nanga Mahap, pembangunan PLTMH ditahun ini merupakan tahun terakhir lantaran bidang pertambangan sudah diambil alih provinsi.

‎Saat dikonfirmasi kepada Kabid pertambangan di Dinas PU dan Pertambangan Kabupaten Sekadau Hasibuan mengatakan, pembangunan PLTMH di kecamatan nanga mahap nantinya mencakup dua dusun di satu desa.

“Yaitu di dusun Gurung Urau dan dusun kesimoi di desa lembah beringin, dengan anggaran mencapai 1,3 M dari APBD Pemkab Sekadau tahun 2016 ini,”ujarnya kepada Suara Pemred, Senin (11/7).

Hasibuan menjelaskan, pembangunan PLTMH saat ini sedang dalam proses, seperti sosialisasi kepada masyarakat, pemantapan adminitrasi, logistik, dan lain sebagainya. Tercatat daya listrik yang ditimbulkan mencapai ‎50 kilo watt.

“Kapasitas itu menjangkau 215 rumah warga akan teraliri listrik nantinya, ‎untuk taget pembangunan dilakukan selama 5 bulan,”tukasnya.

Belum lama ini masyarakat dan pemerintah kecamatan nanga mahap mengadakan upacara adat akan dibangunnya PLTMH di desanya. Dalam kesempatan itu camat Nanga Mahap Hermanto menyampaikan kepada masyarakat setempat‎ yang dihadiri tokoh masyarakat, tokoh adat, anggota DPRD, dan lainnya agar ‎menjaga alam sekitar agar pembangunan PLTMH ini lancar.

“Kami menghimbau kepada masyarakat Gurung Urau dan nanga kesimoi supaya jangan membuat ladang dengan cara membakar di daerah itu, karena jika nanti air surut tentu bepengaruh kepada pembangunan PlLTMH ini,”ungkapnya.‎

Dikatakan Hermanto, pembangunan PLTMH ini tentu akan membendung air di Riam dan air terjun yang sangat berdekatan dengan bukit terbesar di daerah itu yaitu bukit raya yang langsung berbatasan dengan kabupaten ketapang.

“Maka dengan upacara adat ini untuk menyambut pembangunan PLTMH harus bermanfaat bagi masyarakat, dan masyarakat juga akan merasakan nikmatnya listrik,”pungkasnya. (Mus)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *