13 Amunisi 1 Anggota Pendam XII Tanjungpura

Personil Tamtama/Bintara Pendam XII Tanjungpura Uji Kemampuan Menembak Dengan Senapan Laras Panjang. / foto : Dok. Pendam
Personil Tamtama/Bintara Pendam XII Tanjungpura Uji Kemampuan Menembak Dengan Senapan Laras Panjang. / foto : Dok. Pendam

Reporter : Devi Lahendra
KUBU RAYA – POSTKOTAPONTIANAK.COM !! Guna meningkatkan kemampuan menembak, bagi personil Penerangan Kodam (Pendam) XII Tanjungpura maka dilaksanakan latihan menembak senapan dan pistol dalam program rutin triwulan pertama tahun 2016 yang berlokasi di lapangan tembak SPN Polda Kalbar, Desa Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Sejatinya latihan nenembak dengan menggunakan pistol FN 46 P1 ditujukan bagi personil berpangkat Perwira, dan personil yang membidangi intel serta provost. Namun untuk personil yang berpangkat Bintara maupun Tamtama menembak dengan menggunakan senapan laras panjang SS-1.

‘’Iya kemarin (Rabu-red) kita laksanakan kegiatan menembak, yang merupakan salah satu bentuk pembinaan khususnya bidang latihan, melalui agenda yang terprogram setiap tiga bulan dan itu kegiatan rutin,’’ terang koordinator latihan, Kapten Inf Didin Saripudin saat ditemui di Makodam XII Tanjungpura, Kamis (31/3/16).

Dikatakan Didin, untuk aturan menembak menggunakan senapan laras panjang SS-1, posisi menembak dengan sikap tiarap, jarak tembak 100 metrer dengan jumlah amunisi sebanyak 13 amunisi. Dari 13 amunisi dibagi dalam 2 golongan tembak, yang mana 3 amunisi koreksi pengelompokan dan 10 amunisi penilaian.

“Untuk Perwira menembak menggunakan pistol FN 46 P1 dengan sikap berdiri jarak 15 meter dan jumlah amunisi 16, 6 amunisi koreksi pengelompokan dan 10 amunisi untuk penilaian, ” jelasnya.

Lebih jauh Didin mengatakan  dalam pelaksanaan menembak harus mengutamakan faktor keamanan, baik personil maupun meteriil.

“Sebagus apapun latihan namun tidak aman maka dinyatakan gagal, sehingga faktor keamanan mutlak harus sesuai protap yang wajib dipatuhi dan dilaksanakan. Dan dalam latihan itu juga digabung dengan satuan Infolahtadam, Bintaldam, Topdam serta Sandidam XII Tanjungpura, ” tukasnya./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *